Kapita Selekta

Kapita Selekta Kelompok 8



Apa itu GREEN ICT ?

Green Information and Comunication Tecnologies (Green ICT)
Green ICT adalah sebuah konsep masa depan yang umumnya dikaitkan dengan upaya mengurangi konsumsi energi dan sumber daya alam lainnya, disamping itu emisi dan sampah yang dihasilkan dari kegiatan di bidak tenknologi informasi dan kumunikasi.

Definisi Green ICT adalah hasil dari penggunaanya,produksi karbon yang relatif rendah yang pada saat bersamaan juga mempunyai potensi untuk mengurangi emisi-emisi karbon di berbagai bidang lainnya melalui katalisasi perubahan teknologi,institusional dan perlukatu (behaviour) individu,masyarakat,institusi,dan organisasi.


Menurut Hanle, Green Computing mempunyai beberapa manfaat untuk stakeholder perusahaan.



- Manfaat untuk Perusahaan


  • Hemat Beban Listrik

Mengurangi konsumsi energi listrik dari penggunaan komputer dan peralatan teknologi informasi lainnya dengan cara yang ramah lingkungan yang di harapkan agar mengurangi biaya dari penggunaan listrik tersebut.


  • Mengurangi Beban Operasi Data Center

Operasi data center akan lebih terbantu dengan adanya software dan hardware yang bekerja pada Green ICT.


  • Membutuhkan Lebih Sedikit Hardware

Melalui virtualisasi, pengguna dapat secara efektif menurunkan biaya hardware mereka melalui penggunaan mesin komputasi virtual. Ini akan juga secara signifikan menurunkan kebutuhan energi mereka sehingga mengubah tabungan menjadi penghasilan yang bersih.

- Manfaat untuk Lingkungan


  • Mengurangi Emisi Karbondioksida

Mengurangi penggunaan energi dari teknik Green Computing diterjemahkan ke dalam emisi karbon dioksida yang lebih rendah, yang berasal dari pengurangan bahan bakar fosil yang digunakan dalam pembangkit listrik dan transportasi.


  • Mengurangi Konsumsi Sumber Daya

Pelestarian sumber daya berarti lebih sedikit energi yang dibutuhkan untuk memproduksi, menggunakan, dan membuang produk. Lebih menekankan penggunaan ke sumber daya alternatif dan menggunakan sumber daya yang bisa diperbarui oleh pengguna dan mengurangi atau menghentikan penggunaan sumber daya yang tidak dapat diperbarui karena suatu saat akan habis.


  • Menaati Peraturan (dimasa depan)

Green Computing juga mencakup perubahan kebijakan pemerintah untuk mendorong daur ulang dan menurunkan energi yang digunakan oleh individu dan bisnis sehingga perusahaan harus menaati peraturan tersebut.


- Manfaat untuk Karyawan


  • Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk memungkinkan karyawan dalam melakukan pekerjaannya agar kepuasan karyawan meningkat yang akan berdampak meningkatnya kapasitas dan kualitas dari karyawan tersebut.


  • Loyalitas yang Lebih Besar

Karyawan hanya akan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja jika menemukan kenyamanan dan rasa aman.


  • Perekrutan Lebih Mudah

Dengan terpenuhinya segala aspek/bidang yang dapat memuaskan karyawan. maka perusahaan dapat lebih mudah merekrut karyawan, dimana banyak peminat yang ingin melamar di perusahaan tsb karena memiliki aspek/bidang yang lebih menonjol dibanding perusahaan lain.


- Manfaat untuk Pasar


  • Penilaian Meningkat

Dengan meningkatnya kesadaran lingkungan dari sekitar dan konsumen, menyediakan teknologi Green ICT menawarkan potensi yang tinggi yang akan mengangkat posisi signifikan perusahaan dalam pasar. Karena masyarakat sadar akan penggunaaan teknologi yang ramah lingkungan itu sangat penting di zaman sekarang.


  • Harga Saham yang Lebih Tinggi

Karena masyarakat menilai teknologi Green ICT di pasaran sangat baik,memuaskan, dan sangat tinggi peminatnya maka akan berdampak naiknya saham perusahaan tersebut.


  • Nilai Perusahaan yang Lebih Besar

Semakin berkembangnya sebuah perusahaan yang mana adanya hal-hal positif (konsumen puas dengan produk, harga saham meningkat,dll) yang terjadi dipasar yang mengakibatkan nilai perusahaan tersebut semakin meningkat.


- Manfaat untuk Pelanggan


  • Loyalitas Pelanggan Lebih Besar

Dengan penggunaan dan peningkatan software,hardware dan sistem yang ramah lingkungan maka konsumen puas akan produk tersebut yang berdampak akan menimbulkan loyalitas lebih besar ke produk tsb.


  • Ketertarikan Bagi Pelanggan Baru

Karena tingginya minat dan loyalitas pelanggan lama terhadap produk yang ramah lingkungan ini, maka akan menarik pelanggan baru dikarenakan rasa penasaran untuk membeli produk tersebut.


  • Kepuasan Pelanggan yang Lebih Besar 

Tinggingya loyalitas konsumen lama dan ketertarikan pelanggan baru akan produk Green ICT menandakan bahwa tingkat kepuasaan konsumen terhadap produk Green ICT yang ditawarkan sangat tinggi. Tentu perusahaan juga menerima kritik konsumen terhadap produk agar. perusahaan dapat meningkatkan kualitas suatu produk agar membuat konsumen puas.


- Manfaat untuk Publik


  • Meningkatkan Citra Perusahaan

Menjadi perusahaan yang bagus, bisa dibuktikan dengan cara menjamin produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Suatu perusahaan yang mampu menghasilkan barang yang berkualitas dan mampu memuaskan serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat maka perusahaan akan semakin memiliki citra atau nilai yang baik di mata pelanggan.


  • Nilai Merek yang Besar

Dengan terjadinya peningkatan citra perusahaan di masyarakat dan adanya kepuasan terhadap produk Green ICT yang dipasarkan maka akan semakin meningkatkan nilai merek menjadi lebih lebar lagi.

No comments:

Post a Comment